RSS

Boyband dan Girlband di Korea

Shinee


Bagi yang non-kpopers, pernah mendengar lagu Ring Ding Dong? Yup, lagu yang berisi pemujaan kolak ini dinyanyikan oleh boyband Shinee (baca: Syaini). Boyband yang terdiri atas 5 orang ini berada di bawah naungan agensi ngetop SM Entertainment. Mereka melakukan debut di tahun 2009 dengan single “Replay”. Member yang paling dikenal adalah Minho dan Key. Sebutan untuk fans Shinee adalah Shawol.

2NE1


“Bom ratatata tatatatata beep bom ratatata tatatatata”

Terdengar seperti mantra. Tetapi, mantra ini cukup populer di kalangan penikmat musik. Penggalan mantra tadi adalah part unggulan dari lagu “I Am The Best” yang dipopulerkan oleh 2NE1. Selain lagu tadi, girlband yang diorbitkan oleh YG Entertainment ini juga memiliki singe-single yang cukup terkenal seperti “Lonely” dan “I Don’t Care”. Member yang paling terkenal adalah Park Bom yang juga pernah mengeluarkan single solo. Sebutan untuk fans 2NE1 adalah Black Jack.
 
Wonder Girls


Kalian sering menonton OVJ? Kalau sering, kalian pasti juga sering mendengar si Andre Taulany menyenandungkan lagu “Nobody, nobody, but you~”. Karena kepopuleran lagu ini, maka populer pulalah Wonder Girls. Girlband ini diproduksi oleh JYP Entertainment. Member yang paling terkenal adalah Sohee. Sebutan untuk fans Wonder Girls adalah Wonderful.

Big Bang


Kalau mendengar kata “Big Bang”, apa yang berada di pikiran kalian? Jam di London atau boyband Korea? Yang pastinya, boyband asuhan YG Entertainment ini cukup eksis. Selain mengeluarkan single Korea, mereka juga menguasai pasar Jepang. Single-single andalan mereka di antaranya “Haru Haru”, “Love Song”, dan “Fantastic Baby”. Member yang paling terkenal adalah Taeyang (banyak teman-teman cewekku yang ngefans sama dia gara-gara dia paling macho) dan G-Dragon. Sebutan untuk fans Big Bang adalah VIP.

DBSK


Pertama kali aku mengetahui boyband ini dari sepupu kembarku, aku bingung. Soalnya, boyband ini memiliki beberapa nama alias. DBSK kalau di Korea, TVXQ kalau di Cina, dan Tohoshinki kalau di Jepang (kalau salah koreksi ya!). Beda nama, tetapi membernya tetap itu-itu aja. Yup, ini dia DBSK! Merupakan salah satu boyband senior di agensi SM Entertaiment. Karena boyband ini telah merambat beberapa pasar, mereka dapat menjaring banyak fans. Bahkan, fans DBSK ini diklaim terbanyak di dunia. Awal berdirinya, ada 5 orang member. Kemudian, 3 orang dari mereka memutuskan untuk keluar dan memberntuk boyband baru, yaitu JYJ (Jaejoong-Yoochun-Junsu). Sedangkan Yunho dan Changmin tetap berkarir di DBSK sampai sekarang. Sebutan untuk fans DBSK adalah Cassiopeia.

Girls’ Generation

Dapat dibilang kemunculan Girls’ Generation atau SNSD ini merupakan cikal bakal kemunculan girlband Korea. Girlband yang dimunculkan oleh SM Entertainment ini dikenal karena lagunya yang populer, yaitu “Gee”. Bahkan, lagu ini adalah lagu girlband yang paling sering di-cover oleh boyband-boyband Korea. SNSD juga sudah merambat pasar Jepang. Beberapa lagu SNSD pun diubah ke dalam bahasa Jepang seperti Gee dan Genie. Member yang paling terkenal adalah Yoona, Jessica, Tiffany, dan Seohyun. Sedangkan nama fans SNSD sendiri disebut Sone.

Super Junior


Siapa yang tidak kenal Super Junior? Dari anak SD sampai emak-emak tau dengan boyband ini. Boyband naungan SM Entertainment ini dapat dibilang menjadi ikon industri musik Korea. Mengeluarkan single debut tahun 2005, tetapi baru terkenal luas karena single Sorry Sorry tahun 2009. Super Junior rutin mengadakan konser tur dunia yang bertema Super Show (SS) sejak 2009. SS sendiri baru diselenggarakan di Indonesia pertama kali bulan April lalu. Member Suju yang paling terkenal adalah Siwon (karena sering dipasang-pasangin dengan Agnes Monica, salah satu alasan bekennya), Leeteuk (karena bilang Assalamu’alaikum dan suka Indonesia gadis), dan Kyuhyun. Nama fans Suju adalah ELF (Everlasting Friend).




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar